Negara Dengan Utang Terbesar Sedunia.


Ternyata Negara penggali lobang itu adalah Amerikat Serikat. Fakta tersebut dipampang oleh CNBC (Consumer News and Business Channel ) yang diliris dalam situs resminya, cnbc.com disebut total utang luar negeri yang dipunyai Amerika Serikat saat ini sudah mencapai 14.825 trilliun dolar ! sekedar info, trilliun itu nolnya 12 ya. Kalau dikonvensikan kedalam rupiah, maka utang Amerika Serikat kira-kira sebesar 134.907,5 trilliun rupiah! Diperkirakan hingga akhir 2011, utang tersebut akan membunci hingga lebih dari 15 teilliun dolar!.
Salah satu penyebab meningkatnya utang Amerika adalah semakin bertambahnya anggaran belanja Negara. Dan pengeluaran terbesr Amerika adalah untuk membiayai War on Terrorism alias perang melawan islam! Perang Iraq yang mulai k tahun 2003 yang masih berlangsung sampai hari ini merupakan contributor terbesar dari utang tersebut. Kalau dihitung-hitung, biaya perang Iraq dan Afganistan selama 9 tahun telah memakan dana sebesar 830 miliar dolar, dan diperkiran akan membengkak sampai lebih dari 3 trilliun dolar ketika perang berakhir.
Selain karena kebijakan perangnya itu, faktor  yang ikut andil menyebabkan krisis utang di negeri Paman Sam diantaranya sector keuangan yang berbasis riba (bunga), model perseroan terbatas yang bergantung pada saham yang dipasarkan di bursa yang sifatnya spekulatif, dan mata uang kertas yang dapat dicetak dengan mudah sehingga mendorong terjadinya inflasi. Walaupun berbagai paket reformasi keuangan diterapkan untuk memperbaiki sistem tersebut namun semua itu tetap saja tak mampu menahan sistem ekonomi kapitlis ini dan krisis. Jadi Amerikat diambang kebangkrutan itu bukan sekedar mitos, tapi nyata banget! .
Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

  • Terjemahan Om Google

    Cermin Pribadiku

    Labels